SHARE
mencuci ayam meningkatkan resiko infeksi campylobacter

Sudah menjadi kebiasaan umum bagi kita untuk mencuci ayam mentah sebelum dimasak. Tujuannya agar kotoran luruh dan kuman-kuman terbilas oleh air. Akan tetapi penelitian di AS dan UK menunjukkan bahwa kuman-kuman berbahaya tidak mati dicuci dengan air. Kuman-kuman malah tersebar semakin luas di alat-alat masak dan perabot dapur.

Menurut situs livescience.com, Adalah bakteri Campylobacter dan Salmonella yang mengintai di dalam ayam yang akan Anda santap. Bakteri-bakteri ini tidaklah hilang apalagi mati saat Anda mencuci Ayam, justeri ia menyebar ke bak cuci, celemek, maupun bumbu bumbu di sekitar lokasi Anda mencuci.

Infeksi campylobacter bisa menyababkan diare, muntah-muntah, demam, bahkan sampai keguguran kandungan. Anak-anak dan para lansia adalah golongan yang lebih mudah terinfeksi. Walaupun demikian, ada gejala-gejala yang bisa hilang dalam 3-5 hari tanpa disadari oleh penderita.

BAGAIMANA CARA MENCUCI AYAM MENTAH YANG AMAN DAN BENAR?

  1. Langsung rebus ayam dalam air mendidih, lalu bilas. Bakteri campylobacter hanya mati apabila dipanaskan.
  2. Apabila tetap ingin mencuci terlebih dahulu, misalnya karena ayam terlihat kotor. Pastikan baskom yang Anda gunakan tidak menciprat ke area sekitarnya
  3. Tempatkan ayam yang akan dimasak di dalam chiller (bagian bawah freezer) agar cairan ayam tidak menetes ke bagian bawah dan mengkontaminasi bahan makanan lainnya
  4. Cuci tangan dengan bersih, juga segala perabotan yang habis digunakan untuk mengolah ayam dengan sabun.

Klik disini untuk melihat video dari Drextel University mengenai bahaya mencuci ayam mentah dengan air

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

BERIKAN JAWABAN