SHARE
Resep Gorengan Renyah
Foto: huffington.post

Anak-anak umumnya suka dengan lauk yang digoreng dengan tepung, dari mulai ayam goreng tepung hingga tempe goreng tepung. Kerenyahan tepung memberikan sensasi tersendiri ketika menyantapnya. Cara masaknya pun cukup mudah, cukup balur kemudian masukkan ke penggorengan.

Namun biasanya jika setelah dibiarkan beberapa lama, tepungnya tidak lagi renyah. Nah, pada artikel ini akan memaparkan resep gorengan renyah untuk waktu yang cukup lama, sehingga Anda tidak harus menggorengnya kembali terburu-buru demi mempertahankan kerenyahannya.

Penyebab: Penggunaan Piring Sebagai Alas Saji

Biasanya kita meletakan gorengan di atas piring begitu selesai menggoreng dengan tujuan untuk meniriskan gorengan dari minyak. Padahal, lauk gorengan masih perlu mengalami proses pemasakan karena suhu yang masih tersimpan masih cukup panas.

Ketika kita meletakannya di atas piring, sisa panas pada gorengan ini terperangkap dibawahnya karena dialasi piring yang berpermukaan rapat. Inilah yang menyebabkan uap panas berubah menjadi uap air di dasar piring. Sehingga uap air inilah yang membasahi gorengan sehingga tepunya jadi lunak.

Resep Gorengan Renyah: Ganti Piring Dengan Rak Pendingin

Agar gorengan tetap renyah, triknya adalah mengganti piring dengan rak pendingin (yang berbentuk jeruji, yang biasa digunakan untuk mendinginkan kue kering).

Rak pendingin ini akan membebaskan udara untuk berbedar, sehingga uap air tidak akan terbentuk dan menjaga gorengan tetap renyah dalam waktu yang lama.

Ketika sudah siap menyantapnya, barulah Anda bisa meletakkannya di piring.

Demikin resep gorengan renyah, semoga bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah ketika harus menggoreng lauk dengan tepung. Ternyata tipsnya cukup mudah kan? Silahkan isi kolom komentar bagi yang ingin berbagi pengalaman seputar resep gorengan renyah.

TIDAK ADA KOMENTAR

BERIKAN JAWABAN