SHARE
Tips hemat: Cara Menanam Cabe
Cabe mahal? Don't worry! Kita tanam cabe sendiri aja yuk bun :D

Cabai/Cabe merupakan bahan utama dalam pembuatan sambal. Rasanya yang pedas ini selalu dicari dan dijadikan bahan untuk makanan. Jika makanan tanpa cabai rasanya hambar yaa bun.

Harga cabe yang sedang merokit tinggi saat-saat ini menjadi salah satu masalah besar pagi ibu-ibu dan juga penjual kuliner makanan pedas.

Agar tetap bisa menikmati sambal disaat harga cabe meroket, solusi yang praktis dan hemat yaitu dengan menanam cabe sendiri lho bun. Jadi tiap mau nyambel tinggal metik deh 😀

Takut tanaman cabe gagal? Yuk pelajari dulu cara menanam cabe yang mudah dan benar 🙂

1. Pemilihan Bibit Cabe

Langkah pertama adalah memilih bibit cabe yang ingin ditanam. Pilihlah bibit cabe yang berkualitas dan segar, agar cabe yang tumbuh nanti berkualitas baik.

Selain itu, kita bisa menanam cabe dengan menggunakan biji cabe. Caranya mudah pilih cabe yang ingin ditanam, keluarkan biji cabe dan jemurlah diatas terik matahari sampai kering.

2. Penyemaian Cabe

Setelah memilih bibit cabe, langkah berikutnya adalah penyemaian cabe. Penyemaian cabe bisa dilakukan di dua media yaitu di polybag atau di bedengan.

Cara penyemaian cabe di bedengan yaitu, siapkan bedengan pada sebidang tanah yang gembur. Beri pupuk kandang secukupnya. Setelah bedengan siap, taburkan benih cabe ke dalam setiap bedengan yang dibuat. Setelah itu, tutup bagian atas menggunakan gulma kering atau alang-alang kering.

Selama proses penyemaian, jaga selalu kondisi tanah dengan cara menyiraminya setiap hari. Cara menyiramnya yaitu cukup siram air di atas penutupnya saja. Tunggu sampai benih tumbuh menjadi tanaman kecil yang memiliki daun minimal empat helai.

3. Persiapan Lahan Tanam

Sampai bibit cabai yang telah disemai tumbuh, siapkan juga lahan untuk menanam nya. Lahan untuk menanam cabe harus bebas dari rumput liar dan alang-alang. Ukuran lahan untuk menanam cabe sekitar 1 meter sampai 1,5 meter untuk lebarnya. Ketinggian bedengan 30 cm dan jarak antar bedengan 30 sampai 40 cm. Buat lubang dengan jarak antar lubang 40 sampai 60 cm.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang pada tanah yang telah digemburkan.

4. Penanaman Cabe

Jika lahan sudah siap, kita bisa langsung menanam cabe. Caranya muda yaitu pindahkan bibit cabe yang sudah memiliki daun 4 helai. Masukkan bibit ke dalam lubang yang sudah disiapkan pada lahan tanam. Tutup kembali lubang dengan menggunakan tanah atau pupuk kandang. Siram tanaman cabe tiap hari jika tidak hujan.

Saat ingin menanam cabe pastikan tidak dalam kondisi curah hujan yang tinggi.

5. Pemupukan Cabe

Setalah ditanam, lakukan pemupukan kembali. Jika ingin cabe yang organik kita bisa memilih pupuk kompos ataupun pupuk kandang.

6. Perawatan Tanaman Cabe

Merawat tanaman cabe cukup mudah, yaitu dengan disiram setiap hari jika tidak hujan tinggi. Bersihkan pula alang-alang dan rumput liar yang ada disekitar tanaman cabe.

7. Pemetikan Cabe

Jika sudah masa panen, kita bisa melakukan pemetikan cabe. Pilih cabe yang sudah benar-benar masak.

Nah, itu dia cara menanam cabe yang mudah dan baik.

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat ^^

Dari berbagai sumber

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

BERIKAN JAWABAN