SHARE
tips memasak sehat
Makanan rumah buatan bunda lezat, tapi sudah terjaminkan kesehatannya? Yuk simak 7 tips memasak sehat di dapur kesayangan :)

Memasak didapur rumah adalah hal yang menyenangkan bun, karna kita bisa bereksperimen dengan resep-resep masakan ataupun masak makanan favorit orang tersayang.

Makanan yang dimasak sendiri didapur kesayangan sudah pasti memberi kesan tersendiri, selain makanan yang dibuat lezat sudah pasti juga jauh lebih sehat.

Agar makanan buatan bunda di dapur tetap terjaga kelezatan dan kesehatannya, bunda juga harus memasak dengan sehat.

Yuk simak 7 tips memasak sehat di dapur kesayangan ini 🙂

1. Menjaga Kebersihan

Saat memasak bunda harus menjaga kebersihan. Jaga supaya lantai sampai bagian dalam lemari dapur tetap kering, bersih dan rapi. Jangan pernah merokok didapur, khususnya saat menyiapkan atau menangani makanan.

Jaga juga supaya permukaan meja dapur, saluran air, dinding ,lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan dalam keadaan bersih dan kering. Disinfeksi alat-alat masak dengan air hangat dan detergen sesering mungkin, serta segera lap tumpahan makanan.

2. Jauhkan Dapur Dari Binatang Peliharaan

Tips memasak sehat yang juga penting adalah menjauhkan binatang peliharaan dari dapur. Jangan pernah biarkan mereka berkeliaran di dapur dan ikut “bekerja” bersama anda.

3. Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Tangan

Jika sedang sakit, misalnya sakit perut atau flu, sebaiknya bunda tidak menangani makanan. Hal ini dimaksudkan agar makanan yang bunda buat tetap terjaga kesehatannya.

Selain itu, sebelum mengolah makanan lepaskan perhiasan, termasuk cincin dan jam tangan. Cuci tangan dengan air hangat dan detergen. Pastika juga kuku jari tangan sudah terpotong rapi. Cuci tangan sekali lagi setiap kali selesai menangani makanan mentah, ke toilet, atau setelah membersihkan sampah atau memegang binatang peliharaan.

4. Memperhatikan Tempat Sampah

Hal yang tak kalah penting untuk masak sehat adalah menjaga dan memperhatikan tempat sampah didapur.

Lapisi tempat sampah dengan plastic belanja yang masih utuh. Buanglah sampah setiap kali pekerjaan dapur selesai. Cuci dan keringkan tempat sampah sebelum memasang kantung plastic yang baru.

Hindari ‘’menyampah’’ di meja dapur, dekat dengan makanan matang atau dekat makanan yang sudah diolah.

Segera buang sisa-sisa cucian piring seperti remeh-remeh makanan, tulang ikan dan lain-lain. Jangan menunggu sampai banyak. Karena sisa makanan cepat membusuk dan bisa menyebarkan penyakit.

5. Perhatikan Kerapihan Diri

Saat berada didapur dan sedang menangani makanan gunakan celemek yang bersih, baju lengan pendek atau lengan panjang yang digulung rapi. Ikat rambut ke belakang, jangan sampai tergerai atau menutupi wajah.

6. Gunakan Sendok Untuk Mencicipi Masakan

Saat ingin mencicipi masakan. Jangan gunakan jari atau telapak tangan. Gunakanlah sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci dahulu. Hal ini agar masakan tetap sehat dan tidak cepat basi.

7. Mencuci Peralatan Masak

Cuci peralatan masak dan alat-alat pemotong dengan air hangat dan deterjen. Bilas secara menyeluruh dan tiriskan sampai mengering sendiri, atau bisa juga menggunakan lap bersih.

Ganti dan cucilah pakaian, celemek, lap tangan, serta lap untuk menangani makanan, idealnya setiap hari. Setelah digunakan, rendamlah telenan, baik yang plastic atau kayu dengan air panas dan detergen.

Yuk jaga kesehatan masakan bunda, dengan memperhatikan 7 tips memasak sehat di dapur kesayangan 🙂

Semoga Bermanfaat dan Happy Cooking^^

TIDAK ADA KOMENTAR

BERIKAN JAWABAN